Tips Penting Memandikan Bayi yang Harus Diketahui Bunda

Tips Memandikan Bayi - Setiap hari yang terbagi ke dalam 24 jam, ada banyak waktu yang membuat bunda dan bayi bisa bersama. Tidur bahkan makanpun bersama bunda. Akan tetapi dari sekian banyak aktivitas bayi bersama bunda di selang waktu 24 jam yang dimiliki,  yang paling ditunggu oleh bunda adalah aktivitas memandikan bayi karena aktivitas ini memang sangat ampuh dalam mempererat hubungan antara bunda dan bayi dibandingkan aktivitas lain yang dilakukan bersama.

Menyentuh kulit bayi dengan penuh kelembutan dan kasih sayang memberikan arti dan makna tersendiri bagi bayi. Dan bagi Anda yang tahu soal tips dalam memandikan bayi, ada banyak tips penting memandikan bayi yang Anda harus tahu. Berikut ini kami akan berikan informasi lengkap soal tips memandikan bayi yang bunda harus tahu. Dengan mengetahui dan menerapkan tips ini bunda akan bisa lebih erat dengan bayi Anda. Yuk langsung cek informasinya di bawah ini bunda!


Tips Penting Memandikan Bayi yang Harus Diketahui Bunda


Perhatikan air untuk mandi bayi


Tips Memandikan bayi

Anda dapat mencoba menggunakan air hangat dengan suhu sekitar 36 sampai dengan 37 derajad celcius. Untuk bayi sampai dengan usia 6 bulan upayakan Anda sediakan kedalaman air tidak lebih dari 10 cm. Untuk bayi yang kondisinya sudah jauh lebih besar, nantinya Anda bisa tuangkan air sampai ke seukuran pinggangnya ketika duduk. Ini akan sangat baik untuk bayi Anda mandi dan sebagai rileksasi untuk bayi Anda. Perlu Anda ingat upayakan Anda hindari memandikan bayi dengan air dingin karena sampai saat ini juga masih menjadi kontroversi.

Langkah – langkah memandikan bayi


Cara Memandikan Bayi

Cara yang dapat Anda coba terapkan dalam langkah memandikan bayi adalah dengan Anda gunakan kapas untuk membersihkan matanya. Anda bisa basahi kapas dan kemudian Anda bersihkan mata si kecil dari arah dalam ke arah luar. Anda juga bisa gunakan kapas untuk mata yang sebelahnya lagi. Kemudian bersihkan area pipi, telinga, dahi dan seterusnya. Kemudian bersihkan kepalanya. Anda bisa gunakan shampo sesekali. Dan ketika membersihkan kepalanya bisa Anda gunakan cangkir atau gelas kecil untuk menuangkan air ke atas kepala. Lindungi bagian mata agar bayi Anda tidak merasa panik atau merasa terganggu.

Lanjutkan juga untuk Anda coba bersihkan tubuhnya dari leher sampai dengan ke bagian ujung kakinya. Akan tetapi pantat ada baiknya Anda akhirkan. Bersihkan juga bagian pantat si kecil ketika proses mandinya sudah selesai dan Anda berdirikan ia di bak dan bersihkan pantatnya. Anda siapkan handuk dan lilitkan ke tubuhnya supaya bayi Anda tidak merasa kedinginan. Setelah ritual mandi sebelumnya kemudian Anda baringkan dan kenakan pakaian. Sebelum pakaian berikan kehangatan minyak telon atau minyak kayu putih dulu.

Catatan penting memandikan bayi 


Memandikan Bayi

Berikan posisi tangan yang baik ketika memandikan si kecil. Caranya dengan tangan kiri di belakang tengkuknya. Kemudian Anda pegang kepala dan juga leher bayi Anda. Tangan kiri ini harus selalu upayakan berada di posisi yang nyaman ketika memandikan bayi supaya tidak beresiko membuatnya jadi jatuh ke dalam air.

Agar perhatian bayi bisa teralihkan upayakan Anda gunakan mainan untuk mengalihkan perhatian si kecil sehingga tidak akan kerepotan memandikan bayi. Upayakan Anda pastikan setiap lekuk tubuh bayi dibersihkan dengan baik. Dan pada bagian – bagian yang sulit seperti lubang hidung dan telinga bagian luar dapat Anda bersihkan dengan kapas yang bersih.

Semoga informasi yang kami dapat berikan diatas untuk Anda tentang Tips Penting Memandikan Bayi yang Harus Diketahui Bunda menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda. Selamat mencoba tips diatas bunda.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »